Minggu, 16 April 2017

MANAJEMEN WAKTU



MANAJEMEN WAKTU PROYEK SISTEM INFORMASI GRABTOWING
Teknik Pengembangan yang dipilih : Teknik Prototyping
Cara Kerja : Pertama developer melakukan analisa terhadap kebutuhan kepada stakeholder lalu developer melakukan pembuatan desain secara global untuk contoh lalu dibuatkan prototype termasuk pengujian dan penyempurnaan setelah itu ditunjukan kepada stakeholder dan dilakukan evaluasi apabila stakeholder sudah setuju dengan prototype yang ditunjukan maka developer melakukan implementasi secara kodingan.




1. Definisi Aktivitas


Mindmap WBS :



Maka dari mindmap tersebut dapat didaftar aktifitas yang harus dilakukan diantaranya:


Daftar Aktifitas yang Harus Dilakukan
Menghubungi Stakeholder dan Membuat Perjanjian Waktu untuk Bertemu
Menggali informasi proses bisnis dan operasional pada GrabTowing
Mendefinisikan kebutuhan pengguna
Mendifinisikan kebutuhan sistem
Memilih kebutuhan apa saja yang akan ada pada sistem informasi GrabTowing
Mengkonfirmasi ulang kebutuhan yang sudah kita analisis kepada stakeholder
Membuat dokumen kebutuhan yang berisi segala hasil tahapan penggalian kebutuhan dan kebutuhan final
Membuat prototype sistem informasi GrabTowing
Menunjukan hasil prototype kepada stakeholder
Mencatat hasil evaluasi prototype dari stakeholder
Implementasi sistem dari hasil prototype yang disetujui stakeholder
Implementasi interface dari hasil prototype yang disetujui stakeholder
Penggabungan sistem dan interface
Uji Coba aplikasi oleh developer dan stakeholder
Evaluasi kepada stakeholder
Melakukan perubahan apabila ada kesalahan yang telah disepakati antara developer dan stakeholder sebelumnya
Mencari jasa hosting
Membeli jasa hosting
Mendeploy sistem informasi GrabTowing
Uji coba server terlebih dahulu oleh developer
Pembuatan skenario pengujian
Melakukan testing oleh stakeholder sesuai dengan skenario pengujian
Melakukan perbaikan bila terjadi gangguan
Perencanaan pembuatan tim support
Perencanaan tugas tim support
Pemilihan anggota tim support
Menjalankan tim support                                                                                     


2. Pengurutan Aktivitas


Segala aktivitas yang telah didaftar pada poin 1, kemudian disusun secara sekuensial dari awal dan mengelompokkan tiap-tiap aktivitas menjadi Tahap dan Milestones.
Keterangan : kalimat cetak tebal adalah nama proyek, tahap, dan sub tahap tergantung dengan indentasi. Sementara kalimat cetak normal adalah milestones dari setiap tahap.

Daftar Aktifitas yang Harus Dilakukan
Sistem Informasi GrabTowing
Konsep
Mendefinisikan Kebutuhan
Menghubungi Stakeholder dan Membuat Perjanjian Waktu untuk Bertemu
Melakukan wawancara kepada stakeholder terkait kebutuhan apa saja yang ada pada sistem
Menggali informasi proses bisnis dan operasional pada GrabTowing
Mendefinisikan kebutuhan pengguna
Mendifinisikan kebutuhan sistem
Analisis Kebutuhan
Memilih kebutuhan apa saja yang akan ada pada sistem informasi GrabTowing
Mengkonfirmasi ulang kebutuhan yang sudah kita analisis kepada stakeholder
Membuat dokumen kebutuhan yang berisi segala hasil tahapan penggalian kebutuhan dan kebutuhan final
Pembuatan Prototype
Desain Sistem dan Jalannya Sistem
Membuat prototype sistem informasi GrabTowing
Evaluasi Prototype Kepada Stakeholder
Menunjukan hasil prototype kepada stakeholder
Mencatat hasil evaluasi prototype dari stakeholder
Implementasi Sistem
Implementasi sistem dari hasil prototype yang disetujui stakeholder
Implementasi interface dari hasil prototype yang disetujui stakeholder
Penggabungan sistem dan interface
Uji  Coba aplikasi oleh developer dan stakeholder
Konfimasi Akhir Hasil Implementasi
Evaluasi kepada stakeholder
Melakukan perubahan apabila ada kesalahan yang telah disepakati antara developer dan stakeholder sebelumnya
Roll Out
Mencari jasa hosting
Membeli jasa hosting
Mendeploy sistem informasi GrabTowing
Uji coba server terlebih dahulu oleh developer
Testing
Pembuatan skenario pengujian
Melakukan testing oleh stakeholder sesuai dengan skenario pengujian
Melakukan perbaikan bila terjadi gangguan
Support
Perencanaan pembuatan tim support
Perencanaan tugas tim support
Pemilihan anggota tim support
Menjalankan tim support      
3. Estimasi Sumber Daya Aktivitas
a. Bahan 
             i. Dokumen SKPL
ii. Dokumen DPPL
b. Tenaga kerja
i. Project Manager
ii. Web Developer
iii. Web Designer
iv. System Analyst
vi. Dokumentator
vii. Tester
c. Alat
i. Hardware
       1. PC/ Laptop
       2. Server
ii. Software
       1. Power Designer
       2. Sublime Text 3
       3. Ms Office
       4. phpMyAdmin Database
       5. Xampp

Detail tanggung jawab untuk setiap kegiatan dapat dilihat pada tabel berikut:
Kegiatan
Pemilik tanggung jawab
Interview kebutuhan stakeholder
Project manager, stake holder
Menentukan fitur-fitur aplikasi (sistem) multichat intranet yang akan dibuat
Web Developer, system analyst, stakeholder
Melakukan desain interface aplikasi yang mengacu pada kebutuhan
Web Designer, stakeholder
Deskripsi hasil kerja berupa spesifikasi kebutuhan, source code, dan test plan (skenario pengujian)
Stakeholder, tim proyek (proyek manager, developer, designer)
Estimasi usaha setiap work product
Project manager
Testing aplikasi
Tester (dapat berupa seorang developer)
Implementasi aplikasi multichat intranet
Tim proyek
Dokumentasi aplikasi
Dokumentator
4. Estimasi Durasi Aktivitas
Durasi setiap aktivitas diestimasi berdasar kesulitannya dan kerumitan antar yang bertanggung jawab. Aktivitas yang hanya dipegang oleh satu pihak tentu lebih cepat daripada aktivitas yang berhubungan dengan berbagai pihak.

Daftar Aktivitas yang harus dilakukan pada proyek ini
Durasi (Hari kerja)
Sistem Informasi GrabTowing
90
Konsep
10
Mendefinisikan Kebutuhan
7
Menghubungi Stakeholder dan Membuat Perjanjian Waktu untuk Bertemu
1
Melakukan wawancara kepada stakeholder terkait kebutuhan apa saja yang ada pada sistem
2
Menggali informasi proses bisnis dan operasional pada GrabTowing
2
Mendefinisikan kebutuhan pengguna
1
Mendifinisikan kebutuhan sistem
1
Analisis Kebutuhan
3
Memilih kebutuhan apa saja yang akan ada pada sistem informasi GrabTowing
1
Mengkonfirmasi ulang kebutuhan yang sudah kita analisis kepada stakeholder
1
Membuat dokumen kebutuhan yang berisi segala hasil tahapan penggalian kebutuhan dan kebutuhan final
1
Pembuatan Prototype
5
Desain Sistem dan Jalannya Sistem
3
Membuat prototype sistem informasi GrabTowing
3
Evaluasi Prototype Kepada Stakeholder
2
Menunjukan hasil prototype kepada stakeholder
1
Mencatat hasil evaluasi prototype dari stakeholder
1
Implementasi Sistem
33
Implementasi sistem dari hasil prototype yang disetujui stakeholder
15
Implementasi interface dari hasil prototype yang disetujui stakeholder
10
Penggabungan sistem dan interface
5
Uji  Coba aplikasi oleh developer dan stakeholder
3
Konfimasi Akhir Hasil Implementasi
6
Evaluasi kepada stakeholder
1
Melakukan perubahan apabila ada kesalahan yang telah disepakati antara developer dan stakeholder sebelumnya
5
Roll Out
7
Mencari jasa hosting
2
Membeli jasa hosting
1
Mendeploy sistem informasi GrabTowing
2
Uji coba server terlebih dahulu oleh developer
2
Testing
13
Pembuatan skenario pengujian
3
Melakukan testing oleh stakeholder sesuai dengan skenario pengujian
5
Melakukan perbaikan bila terjadi gangguan
5
Support
16
Perencanaan pembuatan tim support
3
Perencanaan tugas tim support
3
Pemilihan anggota tim support
3
Menjalankan Tim Support
7
5. Pengembangan Jadwal

NO
Daftar Aktivitas yang harus dilakukan pada proyek ini
Durasi (Hari kerja)
Start
Finish
Predecessors
1
Sistem Informasi GrabTowing
90
01 Agustus 2017
30 Oktober 2017
2
Konsep
10
01 Agustus 2017
11 Agustus 2017
3
Mendefinisikan Kebutuhan
7
01 Agustus 2017
08 Agustus 2017
4
Menghubungi Stakeholder dan Membuat Perjanjian Waktu untuk Bertemu
1
01 Agustus 2017
02 Agustus 2017
5
Melakukan wawancara kepada stakeholder terkait kebutuhan apa saja yang ada pada sistem
2
02 Agustus 2017
04 Agustus 2017
4
6
Menggali informasi proses bisnis dan operasional pada GrabTowing
2
04 Agustus 2017
06 Agustus 2017
5
7
Mendefinisikan kebutuhan pengguna
1
06 Agustus 2017
07 Agustus 2017
6
8
Mendifinisikan kebutuhan sistem
1
07 Agustus 2017
08 Agustus 2017
7
9
Analisis Kebutuhan
3
08 Agustus 2017
11 Agustus 2017
3
10
Memilih kebutuhan apa saja yang akan ada pada sistem informasi GrabTowing
1
08 Agustus 2017
09 Agustus 2017
11
Mengkonfirmasi ulang kebutuhan yang sudah kita analisis kepada stakeholder
1
09 Agustus 2017
10 Agustus 2017
10
12
Membuat dokumen kebutuhan yang berisi segala hasil tahapan penggalian kebutuhan dan kebutuhan final
1
10 Agustus 2017
11 Agustus 2017
11
13
Pembuatan Prototype
5
11 Agustus 2017
16 Agustus 2017
2
14
Desain Sistem dan Jalannya Sistem
3
11 Agustus 2017
14 Agustus 2017
15
Membuat prototype sistem informasi GrabTowing
3
11 Agustus 2017
14 Agustus 2017
16
Evaluasi Prototype Kepada Stakeholder
2
14 Agustus 2017
16 Agustus 2017
17
Menunjukan hasil prototype kepada stakeholder
1
14 Agustus 2017
15 Agustus 2017
18
Mencatat hasil evaluasi prototype dari stakeholder
1
15 Agustus 2017
16 Agustus 2017
17
19
Implementasi Sistem
33
16 Agustus 2017
19 September 2017
13
20
Implementasi sistem dari hasil prototype yang disetujui stakeholder
15
16 Agustus 2017
01 September 2017
21
Implementasi interface dari hasil prototype yang disetujui stakeholder
10
01 September 2017
11 September 2017
20
22
Penggabungan sistem dan interface
5
11 September 2017
16 September 2017
21
23
Uji  Coba aplikasi oleh developer dan stakeholder
3
16 September 2017
19 September 2017
22
24
Konfimasi Akhir Hasil Implementasi
6
19 September 2017
25 September 2017
19
25
Evaluasi kepada stakeholder
1
19 September 2017
20 September 2017
26
Melakukan perubahan apabila ada kesalahan yang telah disepakati antara developer dan stakeholder sebelumnya
5
20 September 2017
25 September 2017
25
27
Roll Out
7
25 September 2017
01 Oktober 2017
28
Mencari jasa hosting
2
25 September 2017
27 September 2017
29
Membeli jasa hosting
1
27 September 2017
28 September 2017
28
30
Mendeploy sistem informasi GrabTowing
2
28 September 2017
30 September 2017
29
31
Uji coba server terlebih dahulu oleh developer
2
30 September 2017
01 Oktober 2017
30
32
Testing
13
01 Oktober 2017
14 Oktober 2017
19
33
Pembuatan skenario pengujian
3
01 Oktober 2017
04 Oktober 2017
34
Melakukan testing oleh stakeholder sesuai dengan skenario pengujian
5
04 Oktober 2017
09 Oktober 2017
33
35
Melakukan perbaikan bila terjadi gangguan
5
09 Oktober 2017
14 Oktober 2017
34
36
Support
16
14 Oktober 2017
30 Oktober 2017
37
Perencanaan pembuatan tim support
3
14 Oktober 2017
17 Oktober 2017
38
Perencanaan tugas tim support
3
17 Oktober 2017
20 Oktober 2017
37
39
Pemilihan anggota tim support
3
20 Oktober 2017
23 Oktober 2017
38
40
Menjalankan tim support
7
23 Oktober 2017
30 Oktober 2017
39







Tidak ada komentar:

Posting Komentar